Selasa, 29 Juli 2014

[FLASH FICTION] Rencana Tak Terduga Mama


“Abang, tolongin Mama anterin kue ke rumah Tante Irna dong.”


Eza geleng-geleng kepala, tapi dengan tidak banyak bicara dia ambil juga bungkusan berisi parsel kue yang diletakkan mamanya di konter dapur.


Baru dua hari yang lalu mamanya meminta Eza mengantarkan parsel berisi buah-buahan kerumah Tante Irna, hari ini sudah kue-kue. Eza yakin masih ada yang lain yang harus dia antarkan esok lusa. Entah kesambet setan apa, sejak secara tidak sengaja bertemu Tante Irna, teman lama saat sma, di supermarket dua minggu lalu, mama jadi sibuk sekali mengantarkan ini-itu. Dan yang kena imbasnya, tidak lain ya Eza.


“Masuk dulu, Eza.”


“Gak usah, Tante. Makasih. Eza langsung aja, mama sendirian di rumah, papa belum pulang.”


“Oh, ya sudah kalo begitu. Bilang mama terima kasih banyak ya, Za.”


“Iya, Tante, nanti Eza sampein. Permisi, Tante.”


= = =


Eza sudah mengeryit curiga waktu melihat mamanya sibuk memasak dengan jumlah yang lebih untuk dari tiga orang sejak tadi siang.


“Mau ngirimin makanan ke rumah Tante Irna lagi, Ma?”


Mamanya mengangguk dengan semangat.


“Mama aja deh yang nganterin bareng papa, kan papa lagi di rumah hari ini.”


“Kamu aja ya, Bang? Papa capek kerja seharian.”


“Ini hari minggu, Ma, papa gak kerja.”


“Tadi kan papa beresin halaman belakang, kamu gak tau?”


Eza menyerah.


= = =


“Aduh, Tante jadi gak enak. Mama kamu ngirimin makanan terus ke sini, Tante sekali pun belum pernah ngasih apa-apa ke mama kamu.”


“Gak apa-apa, Tante. Mama emang gitu orangnya.”


“Kalo gitu sebagai gantinya”, kamu malem ini makan malem di rumah Tante aja ya? Nanti biar Tante yang telepon mama kamu.”


“Aduh gak usah repot-repot, Tante. Gak apa-apa, Eza langsung pulang aja. Lain kali aja tawaran makan malemnya, sekalian sama mama papa juga, Te.”


“Ya udah kalo gitu, lain kali kamu gak boleh nolak ya? Kamu udah sering banget loh, nolak tawaran Tante buat mampir ke rumah, sekarang nolak diajak makan disini.”


Eza cuma mesem-mesem gak enak hati. Ini gara-gara mama, kalo bukan gara-gara mama juga Eza lebih memilih main pes di rumah. Berhubung Eza anak tunggal, siapa lagi yang bisa mamanya suruh-suruh kalau bukan dia. Berhubung Eza sangat baik hati dan pengertian, Eza selalu menurut meski dia lelah. Bahkan disuruh mengantarkan berbagai macam bingkisan dan makanan ke rumah Tante Irna yang jauh diteriknya matahari sore yang hendak pulang ke peraduannya seperti ini.


= = =


“Mau nganterin apa lagi kerumah Tante Irna, Ma? Abang gak mau ah. Ini udah yang keberapa kalinya? Abang gak enak setiap kesana nolak tawaran mampir terus kemarin mesti nolak pas diajak makan malem juga.”


Mamanya menatap Eza heran. “Jadi kamu belum pernah mampir ke rumah Tante Irna? Belum pernah masuk ke dalem?”


Eza menggeleng. “Cuma sampe teras doang.”


“Ya ampun, Eza...” mamanya geleng-geleng kepala dan pergi meninggalkannya.


Besok sorenya, Eza dipaksa untuk berpakaian rapi kemudian ikut mama dan papanya. Saat mobil berjalan menyusuri suatu jalan, Eza yang sudah berkali-kali ke rumah Tante Irna langsung tahu kemana mereka pergi.


“Kita ke rumah Tante Irna?”


“Iya. Waktu itu kamu bilang makan malemnya nunggu mama sama papa kan? Ya sekarang.”


“Ya ampun, Ma.”


Bukan tidak suka, tapi entah kenapa Eza merasa mamanya kelewat ngebet entah untuk hal apa yang berhubungan dengan Tante Irna. Dan anehnya, Eza merasa seperti hal itu dikait-kaitkan dengannya. Kalau tidak, kenapa selama ini Eza terus yang jadi tumbal?


Eza dan keluarganya disambut baik di rumah Tante Irna. Mereka bertemu suaminya juga anak bungsu Tante Irna. Eza mulai gelisah dan bosan mendengarkan cerita nostalgia mamanya dan Tante Irna.


Eza baru hendak mengeluarkan smartphone-nya dan berniat memainkan game kesukaannya, ketika seseorang memanggil mereka semua.


“Ma, makan malemnya udah siap. Tante, Om, ayo makan malem dulu. Eh, anaknya Tante Rima juga.”


Eza mendongak dan melihat seorang cewek berdiri di ambang pintu yang memisahkan ruang tengah dengan ruang tamu. Rambutnya tergerai dengan make up tipis yang membuatnya malah tampak begitu cantik.


Sekejap Eza terhipnotis.


“Heh...” mamanya menyenggol bahu Eza. “Ini alesan kenapa Mama suruh kamu kesini terus.”


Eza terlepas dari mantra hipnotis cewek tadi dan menatap mamanya. “Anaknya Tante Irna, Ma?”


Mamanya mengangguk sambil tersenyum penuh misteri.

- - -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar